Langsung ke konten utama

Hubungan Hasil UKG dengan Guru Pembelajar

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana kita ketahui telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan seorang guru harus memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D-IV, menguasai empat kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional), serta memiliki sertifikat pendidik. Seiring dengan hal ini, pemerintah telah berusaha agar guru di Indonesia sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam undang-undang tersebut.


Langkah kongkrit pemerintah salah satunya adalah dengan mensertifikasi guru-guru. Sejalan dengan program sertifikasi guru dalam jabatan, pemerintah juga tetap mengontrol kualitas guru-guru yang telah disertifikasi melalui jalur uji kompetensi guru (UKG). UKG ini awalnya digunakan untuk mengetahui peta kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Namun dari UKG yang dilaksanakan, ternyata hasil dari UKG tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan UKG kembali dengan standar yang lebih tinggi. Dari hasil UKG, seorang guru akan dipetakan kompetensi mana saja yang masih lemah. Berdasarkan nilai UKG inilah selanjutnya pemerintah mengeluarkan sebuah program diklat pasca UKG yang dikenal dengan istilah "Guru Pembelajar".

Berdasarkan nilai UKG, guru akan mengetahui kompetensi-kompetensi mana saja yang perlu dipelajari kembali sehingga dalam kegiatan guru pembelajar ini akan ada beberapa mode diklat. Mode diklat guru pembelajar ada 3(tiga) yaitu moda daring (full online), moda campuran (Blended (daring dan tatap muka)), dan moda tatap muka tanpa daring.

Untuk moda daring guru pembelajar dapat mengakses situs:



Seorang guru yang telah mengikuti UKG, akan diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan guru pembelajar sesuai dengan hasil UKG-nya. Jadi, seorang guru yang telah mengikuti UKG, untuk meningkatkan kompetensinya maka wajib mengikuti kegiatan guru pembelajar. Berikutnya target pemerintah nilai UKG bukan lagi 5,5 namun 8,5. Nilai 8,5 bisa dicapai jika kita mau terus belajar-dan belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal yang HOTS

Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal HOTS bentuknya bervariasi, salah satunya adalah pilhan ganda. Pada umumnya soal-soal HOTS menggunakan stimulus yang bersumber pada situasi nyata. Soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option).

Mengenal Soal yang HOTS

Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan istilah soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal-soal HOTS pada konteks asesmen, secara sederhana bukan hanya meminimalisir kemampuan mengingat kembali informasi (recall), tetapi lebih mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Parkir Menginap di Bandara Radin Intan II Lampung

Traveling menggunakan moda transportasi udara saat ini sudah mulai menjadi sesuatu yang lazim. Tiket pesawat yang relatif terjangkau menjadi daya tarik tersendiri untuk menggunakan moda transportasi udara ini. Beragam cara sudah dapat digunakan untuk mendapatkan atau membeli tiket dengan harga yang kompetitif. Selain itu, infrastruktur bandara semakin dibenahi sehingga kenyamanan dan keamanan di bandara lebih terjamin.
Demikian juga dengan bandara di provinsi Lampung, yaitu Bandara Udara Radin Intan II yang senantiasa berbenah. Bagi masyarakat Lampung dan luar Lampung yang akan berkunjung ke Lampung jangan ragu untuk menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Radin Intan II. Khusus yang akan memarkir kendaraannya, tempat parkir juga tersedia dan cukup nyaman untuk roda dua maupun roda empat. Tarif parkir biasa/umum dihitung perjam yaitu Rp5000,00 perjam.
Parkir Bandara Radin Intan II juga melayani jasa parkir menginap, dengan tarif  Rp75.000,00 perhari untuk parkir kendaraan…

Raport UKG Hitam Bukan Berarti Tidak Merah

Guru Pembelajar saat ini menjadi viral di dunia maya, menjadi perbincangan menarik di forum-forum diskusi guru. Beberapa ada yang sedih karena mengetahui raport UKG-nya didominasi warna merah, sebagian lain ada yang merasa bangga karena raport UKG-nya didominasi warna hitam, sebagian lain ada yang menanggapi biasa-biasa saja. Terlepas dari warna raport UKG, seorang guru memang harus terus belajar sepanjang hayat.

Solusi "Dial-up error 633" Setelah Update Windows 10 Versi 1703 (OS Build 15063) pada Modem

Koneksi internet menggunakan modem masih menjadi pilihan ketika tidak ada koneksi internet melalui wifi atau jaringan lainnya. Masalah modem tidak connect bisa menjadi pemicu mengganti modem lama kita dengan modem yang baru, padahal bisa jadi modem lama kita tidak masalah. Hal ini biasanya terjadi ketika kita baru saja membeli laptop baru dengan OS terbaru atau kita baru saja mengupdate dengan OS terbaru misalnya ke windows 10 versi 1703 (OS Build 15063). Demikian juga dengan yang saya alami, setelah update OS modem lama saya yang terkategori jadul tidak dapat digunakan alias tidak bisa "connect" dengan pesan bahwa simcard belum tersisipkan sedangkan simcard sudah fix terpasang.

Hampir satu minggu lebih tidak bisa menggunakan modem tersebut dan hampir saja mengambil keputusan untuk membeli modem baru. Bermacam cara dilakukan agar modem lama tersebut dapat digunakan. Salah satunya adalah melakukan dial up secara manual (tidak menggunakan software bawaan modem) namun selalu m…