Rabu, 07 September 2016

Kegiatan Guru Pembelajar dan MGMP

Guru pembelajar (GP) merupakan tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG), berupa kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui beberapa jenis kegiatan diklat (moda) antara lain: diklat Instruktur Nasional (bagi CIN yang terpilih), moda daring (online), moda daring kombinasi tatap muka, dan moda tatap muka. Setiap guru yang telah mengikuti UKG akan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut sebagai bentuk peningkatan kompetensi agar ke depan nilai UKG terus meningkat sesuai dengan yang ditargetkan pemerintah.

Kegiatan Guru Pembelajar ternyata turut melibatkan komunitas guru yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hal ini dapat dilihat dari akun GP ketua MGMP atau operator MGMP yang menampilkan fitur Anggota Komunitasku.
Contoh Fitur Akun GP Ketua MGMP


Sementara ini, ketua MGMP atau operator MGMP pada Guru Pembelajar dapat meregistrasikan, mencetak ulang atau mereset password dari anggota komunitasnya yang merupakan anggota MGMP-nya.

Para instruktur nasional (IN) yang telah mengikuti kegiatan diklat juga dapat melakukan sosialisasi kegiatan GP melalui MGMP. Selain itu, beberapa MGMP yang ada juga menerima kucuran dana stimulan untuk implementasi kegiatan GP.

Dengan berbagai kondisi GP yang melibatkan MGM, kegiatan MGMP kini mulai bergairah kembali dengan mulai aktifnya kegiatan MGMP dalam rangka menyongsong kegiatan Guru Pembelajar. Ini menunjukkan bahwa program GP ini mendapat sambutan baik dari para guru yang terus belajar dan belajar.

Semoga kegiatan GP ini dapat menyuburkan kegiatan MGMP di seluruh pelosok negeri ini.
Selamat Belajar melalui Guru Pembelajar.
Share:

0 comments:

Poskan Komentar

Cara Memperoleh Akun Guru Pembelajar Moda Daring

Guru pembelajar merupakan program pelatihan yang dilakukan oleh guru berdasarkan perolehan nilai UKG tahun 2015, sehingga yang bisa mengiku...

Popular Posts

Total Tayangan Laman

Follow by Email

Pena Sang Pencerah (2016). Diberdayakan oleh Blogger.