Rabu, 28 September 2016

Raport UKG Hitam Bukan Berarti Tidak Merah

Ilsutrasi Raport UKG

Guru Pembelajar saat ini menjadi viral di dunia maya, menjadi perbincangan menarik di forum-forum diskusi guru. Beberapa ada yang sedih karena mengetahui raport UKG-nya didominasi warna merah, sebagian lain ada yang merasa bangga karena raport UKG-nya didominasi warna hitam, sebagian lain ada yang menanggapi biasa-biasa saja. Terlepas dari warna raport UKG, seorang guru memang harus terus belajar sepanjang hayat.

Sebagian guru mempunyai anggapan, bahwa yang dipelajari hanyalah modul dengan warna merah saja. Anggapan ini tidaklah salah, namun mari sama-sama kita simak contoh nilai UKG Mr. Kary berikut ini.
Dari nilai UKG Mr. Kary tersebut dapat disimpulkan bahwa beliau raport UKG-nya yang merah hanya 1 (satu) yaitu modul B dengan nilai 50 (di bawah Kriteria Capaian Minimal (KCM) 55).

Dengan asumsi Mr. Kary hanya mempelajari modul merah saja, dan kemudian menyelesaikan uji kompetensi untuk modul B  dengan nilai 80, maka berdasarkan KCM 55 raport Mr. Kary akan berwarna hitam semua.

Namun, perlu kita pahami bahwa nilai KCM pada tahun ini adalah 65. Maka jika kita melihat nilai dari Mr. Kary di atas, sebenarnya yang merah bukan hanya 1, namun nilai merah berjumlah 4 yaitu pada modul A, B, C dan J. Kenapa yang merah jadi 4, ya jelas karena standarnya berubah menjadi 65 bukan lagi 55.

Jika asumsi kita bahwa raport UKG kali ini menggunakan standar KCM 55, maka kita belum bisa memastikan sebenarnya raport UKG kita merahnya berapa jika KCM-nya 65. Jadi jika semula UKG standar 55, maka standar perbaikan UKG juga harus 55. Kemudian jika akan menaikkan standar maka harus dilakukan UKG kembali untuk seluruh modul yang ada, bukan UKG pada modul yang merah saja, karena ketika nilai UKG 2015 tersebut distandarkan dengan grade 2016, 2017, 2018 bisa jadi merahnya akan tambah banyak.

Kepada seluruh guru, manfaatkan moment belajar pada kegiatan Guru Pembelajar untuk meningkatkan semua kompetensi dengan mempelajari keseluruhan modul hingga mendapatkan nilai yang diharapkan oleh pemerintah.

Jadi, masihkah Bapak/Ibu Guru hanya akan mempelajari modul yang nilainya merah saja?
Selamat belajar dan jadilah seorang guru pembelajar.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Cara Memperoleh Akun Guru Pembelajar Moda Daring

Guru pembelajar merupakan program pelatihan yang dilakukan oleh guru berdasarkan perolehan nilai UKG tahun 2015, sehingga yang bisa mengiku...

Popular Posts

Total Tayangan Laman

Follow by Email

Pena Sang Pencerah (2016). Diberdayakan oleh Blogger.