Minggu, 02 Oktober 2016

Contoh Soal yang HOTS

Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal HOTS bentuknya bervariasi, salah satunya adalah pilhan ganda. Pada umumnya soal-soal HOTS menggunakan stimulus yang bersumber pada situasi nyata. Soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option).


Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan pengecoh (distractor). Kunci jawaban ialah jawaban yang benar atau paling benar. Pengecoh merupakan jawaban yang tidak benar, namun memungkinkan seseorang terkecoh untuk memilihnya apabila tidak menguasai bahannya/materi pelajarannya dengan baik. Jawaban yang diharapkan (kunci jawaban), umumnya tidak termuat secara eksplisit dalam stimulus atau bacaan. Peserta didik diminta untuk menemukan jawaban soal yang terkait dengan stimulus/bacaan menggunakan konsep-konsep pengetahuan yang dimiliki serta menggunakan logika/penalaran. Jawaban yang benar diberikan skor 1, dan jawaban yang salah diberikan skor 0.
Masing-masing guru mata pelajaran hendaknya kreatif mengembangkan soal-soal HOTS sesuai dengan KI-KD yang memungkinkan dalam mata pelajaran yang diampunya. Wawasan guru terhadap isu-isu global, keterampilan memilih stimulus soal, serta kemampuan memilih kompetensi yang diuji, merupakan aspek-aspek penting yang harus diperhatikan oleh guru, agar dapat menghasilkan butir-butir soal yang bermutu.


Berikut ini diberikan contoh soal HOTS berbentuk pilihan ganda. Silahkan klik link di bawah ini untuk mengakses contoh soal HOTS pilihan ganda.



Share:

0 comments:

Poskan Komentar

Cara Memperoleh Akun Guru Pembelajar Moda Daring

Guru pembelajar merupakan program pelatihan yang dilakukan oleh guru berdasarkan perolehan nilai UKG tahun 2015, sehingga yang bisa mengiku...

Popular Posts

Total Tayangan Laman

Follow by Email

Pena Sang Pencerah (2016). Diberdayakan oleh Blogger.