Kamis, 10 November 2016

Guru Bekerja 40 Jam Per Minggu


Isu full day school langsung mencuat beberapa saat setelah menteri pendidikan nasional Muhajir Efendi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Anis Baswedan. Isu-isu tentang full day school begitu viral di dunia maya, ada yang setuju dan ada yang tidak baik dari kalangan pendidikan maupun diluar kalangan pendidikan.




Sejatinya, full day school telah diterapkan oleh beberapa sekolah yang ada di Indonesia khususnya sekolah-sekolah yang telah maju, sehingga program full day school sebenarnya sudah ada hanya saja tinggal disempurnakan dan dibuatkan payung hukum sehingga dapat diterapkan oleh seluruh sekolah di Indonesia.

Seiring dengan bergulirnya isu full day school, saat ini pemerintah tengah menggodok peraturan menteri tentang jam mengajar guru yang mana guru nantinya wajib berada di sekolah selama 40 jam seminggu atau 8 jam setiap hari selama 5 hari. Hal ini dipaparkan oleh Staf Khusus Mendikbud Nasrullah saat berbincang dengan Media Indonesia sebagaimana dikutip oleh koran tersebut.

Menurut Nasrullah, jika masuk sekolah pukul 07.00 guru akan pulang pukul 15.00. Dengan ketentuan itu tidak ada lagi guru yang mengajar di sekolah lain guna mengejar jumlah jam mengajar 24 jam sebagai syarat pemenuhan jam mengajar sertifikasi, karena dengan 8 jam selama lima hari telah menjadi 40 jam.


Kita tunggu kabar baiknya hingga peraturan yang sedang digodok ini matang dan dilaksanakan pada tahun ajaran mendatang.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Cara Memperoleh Akun Guru Pembelajar Moda Daring

Guru pembelajar merupakan program pelatihan yang dilakukan oleh guru berdasarkan perolehan nilai UKG tahun 2015, sehingga yang bisa mengiku...

Popular Posts

Total Tayangan Laman

Follow by Email

Pena Sang Pencerah (2016). Diberdayakan oleh Blogger.