Triks Mudah Mengetik Arab Menggunakan Smartphone Android

Smartphone atau telepon pintar kali ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan dan juga lifestyle di kalangan tertentu. Smartphone berbasis android saat ini masih dominan  menjadi pilihan pengguna smartphone dengan berbagai pertimbangan masing-masing. Agar smartphone dapat berfungsi layaknya telepon pintar, pengguna perlu mengetahui beragam fitur keunggulan dari smartphone tersebut.

Ada pengalaman menggunakan smartphone ketika merasa takjub karena dengan smartphone begitu mudahnya copy paste ucapan selamat idul fitri yang didalamnya memuat ucapan atau doa menggunakan tulisan arab. Saat itu saya berpikir bahwa ucapan tersebut dibuat menggunakan komputer terlebih dahulu kemudian baru di copy paste di smartphone. Mungkin saja para pengguna smartphone lainnya mempunyai pemikiran yang sama dengan pemikiran awal saya tersebut atau mungkin juga mempunyai pemikiran yang lain.

Jika di awal menggunakan smartphone masih bingung atau terkagum-kagum dengan kecerdasan smartphone adalah wajar, namun jika sudah menggunakan smartphone cukup lama namun masih belum mengerti bagaimana cara menulis dengan output tulisan arab, maka postingan ini menjadi sangat cocok untuk dibaca.

Menulis menggunakan huruf arab sangat bermanfaat khususnya bagi umat Islam, misalnya dalam menuliskan salam tidak akan menjadi multi tafsir karena diketik langsung menggunakan karakter arab bukan lagi dengan penulisan latin yang banyak disingkat misalnya: Ass., As., Aslkm., Mlekum., dan yang lainnya dimana jika itu digunakan akan ada multi tafsir.

Saya mencontohkan teknik penulisan arab ini menggunakan smartphone ASUS, kebetulan yang saya gunakan adalah Asus Zenfone Max dengan input keyboard-nya ZenUi. Keyboard ZenUi ini menjadi input keyboard standar dari smartphone ASUS, mungkin saja smartphone-smartphone yang lain agak berbeda terkait pengaturan input Keyboardnya. Namun sepertinya alur atau algoritma dari penggunaan Keyboard untuk smartphone android hampir sama, jadi dengan membaca postingan ini para pengguna smartphone dari beragam merek dan tipe android nanti tinggal menyesuaikan dengan smartphone yang dimilikinya.


Karena tujuan penggunaan tulisan arab ini adalah pesan teks, maka untuk memulainya kita masuk pada menu sms, selanjutnya munculkan keyboard ZenUi dengan cara mengetuk area tulis sms.
Pilih tiga kotak di sebelah kanan, kemudian pilih bahasa seperti gambar berikut:

Selanjutnya pilih pengaturan bahasa
Kemudian ceklist option bahasa arab
Setelah ini, maka keyboard sudah dapat digunakan untuk menulis arab dengan cara merubah setting pada papan sebelah kiri bawah

Agar lebih jelas simak video berikut:

Selamat mencoba semoga berhasil.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama